Wipotec Checkweigher Solusi Untuk Bisnis Anda

Wipotec Checkweigher Solusi Untuk Bisnis Anda

Wipotec Checkweigher Solusi Untuk Bisnis Anda – Setiap jenis industri umumnya memiliki kegiatan pengemasan dan standar berat masing-masing kemasan. Untuk mengukur berat masing-masing kemasan dengan akurat digunakan alat yang sering kita kenal sebagai Checkweigher.

Checkweigher umumnya memiliki beberapa jenis berdasarkan fungsi dan jenis industri dimana checkweigher tersebut ditempatkan.

Pada industri farmasi, terdapat checkweigher yang memang didesain khusus untuk industri tersebut sehingga telah memenuhi persyaratan perusahaan produksi farmasi.

Checkweigher Farmasi

Peran checkweigher pada industri farmasi adalah untuk melakukan pemeriksaan kesesuaian berat produk dengan yang distandarkan serta melakukan penyortiran secara berulang untuk mengeliminasi kesalahan produk atau produk yang tidak sesuai standar berat. Hal ini berfungsi untuk memastikan kualitas produk secara konsisten guna melindungi konsumen dan reputasi merek.

Checkweigher untuk industri farmasi telah dilengkapi dengan perangkat lunak yang cerdas sehingga dapat meminimalisir kesalahan pemeriksaan guna memenuhi persyaratan perusahaan farmasi. Selain itu checkweigher dapat dilengkapi dengan jalur produksi sederhana di mana produk dapat disalurkan ke beberapa bagian yang berkaitan dengan proses produksi atau pengemasan lanjutan secara otomatis.

Industri farmasi erat kaitannya dengan obat-obatan, di mana setiap obat-obatan dikonsumsi harus dengan ukuran yang tepat pada setiap kemasannya. Maka checkweigher merupakan solusi untuk pemeriksaan kesesuaian standar berat kemasan obat/produk dengan tepat dan akurat.

Pengertian Checkweigher

Checkweigher adalah mesin otomatis atau manual untuk memeriksa berat product atau material yang dikemas dan yang ditimbang, biasanya ditemukan pada akhir proses produksi atau bagian finish good yang sedang berlangsung dan digunakan untuk memastikan bahwa berat satu pack product atau material berada dalam batas yang ditentukan. Setiap product atau material yang berada di luar toleransi akan dikeluarkan dari conveyor secara otomatis.

Sebuah checkweigher dapat menimbang lebih dari 500 item per menit (tergantung pada ukuran karton dan akurasi). Checkweigher dapat digabungkan dengan Metal Detection dan X-Ray agar material lain dari kemasan dapat terdeteksi.

Checkweigher menggunakan serangkaian atau part belt conveyor sebagai wadahnya , Checkweigher ini juga dikenal sebagai  timbangan bergerak, timbangan conveyor, timbangan dinamis, dan timbangan sejajar. Dalam aplikasi pengisi, mereka dikenal sebagai timbangan cek.

Belt conveyor yang dapat mengubah kecepatan product dan menaikkan atau menurunkannya ke kecepatan yang diperlukan untuk penimbangan. Infeed juga terkadang digunakan sebagai pendeteksi, yang menyetel jarak antara produk ke jarak optimal untuk penimbangan. Kadang-kadang ada conveyor atau rantai khusus untuk memposisikan produk atau material untuk ditimbang.

Penimbangan conveyor dipasang sensor yang biasanya dapat berupa load cell  atau keseimbangan servo (juga dikenal sebagai keseimbangan gaya), dan dapat membatasi kecepatan dan keluaran sabuk / belt penyortir yang menyediakan fasilitas untuk mengeluarkan product yang di luar toleransi dari jalur conveyor. Penolakan atau reject dapat berbeda menurut aplikasinya masing masing beberapa menggunakan kompresor untuk meniup produk yang lebih kecil dari belt conveyor, tetapi untuk product atau material yang lebih berat memerlukan tekanan atau dorongan untuk produk yang rapuh di reject dengan “menjatuhkan”  sehingga produk dapat meluncur perlahan ke dalam wadah atau conveyor lainnya

Untuk timbangan presisi kecepatan tinggi, load cell yang menggunakan elektromagnetik. Sistem semacam ini mengisi kumparan induktif, yang secara efektif mengapungkan alas timbangan dalam medan elektromagnetik. Teknologi lain yang digunakan mini block dan tuning fork. Biasanya indicator mengambil banyak pembacaan berat selama paket berada di belt conveyor timbangan untuk memastikan pembacaan yang akurat. 

Metode Toleransi

Sistem “beban minimum” di mana beban di bawah beban tertentu akan ditolak atau di reject. Biasanya beban minimum adalah beban yang tertera pada kemasan atau tingkat beban yang melebihi yang memungkinkan terjadinya penurunan beban setelah produksi seperti penguapan untuk product yang memiliki kadar air. Perusahaan ingin memastikan bahwa setiap produk yang dikirim ke pasar atau ke pelanggan memiliki pemeriksaan berat atau isi yang akurat sehingga pelanggan yakin bahwa mereka mendapatkan jumlah produk yang sesuai.

Wipotec Checkweigher Solusi Untuk Bisnis Anda

PT INTITEK PRESISI INTEGRASI menawarkan beberapa tipe Checkweigher dan Metal Detection serta X-Ray dan Track and Trace yang kita tawarkan dari kapasitas besar maupun kecil, dari kecepatan rendah sampai kecepatan tinggi.

Untuk mesin Checkweigher dan Metal Detection kita mengusung merk WIPOTEC dengan desain yang elegan sesuai pemakain untuk pasar eropa juga sangat handal baik dari segi load cell, indicator dan mekaniknya.

Menggunakan mesin check weigher merk kami untuk semua penimbangan hasilnya bisa langsung terintegrasi ke data base atau server customer.

Karena PT INTITEK PRESISI INTEGRASI adalah supplier distributor resmi dari Wipotec di Indonesia. Kita didukung oleh tenaga teknisi yang profesional dibidang Checkweigher dan juga sudah mendapatkan pelatihan oleh expert Wipotec.

Hi, tim support kami ada di sini untuk menjawab kebutuhan Anda. Tanya kami apa saja!
//
Jakarta, Banten, Sumatra & Sulawesi
ABDUL SYUKUR
Available
//
Jawa Timur & Jawa Tengah
MARYOTO
Available
//
Jawa Barat
BAYU SOFYAN
Available